Piala Dunia News

Psikolog Swedia Mengunkapkan rahasia kesuksean Swedia

kesuksesan swedia

Oleh Alexandra Jonson dengan Swedia

Membuat ke Piala Dunia dipandang sebagai keajaiban kecil untuk Swedia, mengingat bahwa mereka beringsut keluar orang-orang seperti Italia dan Belanda di jalan ke Rusia. Namun, penampilan mereka di turnamen itu sendiri telah dikalahkan bahkan eksploitasi kualifikasi mereka, dengan Swedia topping Grup F menjelang Mexico, juara bertahan Jerman dan Republik Korea.

  • Daniel Ekvall adalah penasihat psikologi Swedia (psikolog olahraga)
  • Dia telah dipuji karena perannya dalam kesuksesan tim di Rusia 2018
  • Ekvall menjelaskan perannya menjelang pertandingan terakhir Swedia-16 melawan Swiss

Sepanjang perjalanan luar biasa mereka, dua kekuatan utama menonjol: soliditas pertahanan dan persatuan tim. Daniel Ekvall, penasihat psikologi olahraga Swedia, telah menerima pujian atas karyanya dalam membangun yang terakhir dan, menjelang babak 16 besar melawan Swiss, dia memberi FIFA.com wawasan tentang apa yang dibutuhkan pekerjaannya.

judi bola

FIFA.com: Bisakah Anda menjelaskan apa peran Anda sebagai penasihat psikologi olahraga?

Daniel Ekvall: Saya dapat berbicara individu dan kemudian ada sesi grup. Dari apa yang para pemain katakan di dalamnya, saya membuat rencana mental untuk pertandingan mendatang, yang kami lalui pada hari pertandingan. Ini sering merupakan gambaran yang menggambarkan apa yang dikatakan oleh para pemain itu sendiri.

Saya juga bekerja dengan Janne [Andersson, pelatih Swedia] untuk menciptakan tim kepemimpinan yang efektif karena ada banyak orang di staf pelatih. Dengan pemain kami fokus pada aksi selanjutnya. Jadi, jika mereka melewatkan lulus atau rekan satu tim melewatkan satu, bagaimana mereka bisa melakukan tindakan selanjutnya sebaik mungkin?

Lebih dari sesi grup dan pembicaraan individu, saya dengar Anda juga melakukan pembicaraan dengan sepatu …

[Tertawa] Ya, ini sebelum pertandingan melawan Prancis di rumah.

Pada awal minggu, Ola Toivonen memiliki sepatu bot baru dan dia tidak berpikir sentuhannya berhasil sebagaimana yang diinginkannya.

Jadi dia berteriak di lapangan bahwa dia perlu memesan sesi sehingga saya bisa berbicara dengan sepatu botnya, dan semua orang berpikir itu lucu. Kemudian, dalam pertandingan itu sendiri, dia mencetak gol dari garis tengah di sepatu itu! Janne mengira itu adalah anekdot yang menyenangkan dan menceritakan kisah itu kepada pers.

Apakah lebih penting bagi tim seperti Swedia, yang tidak memiliki kualitas individu yang sama dengan lawan seperti Jerman, Italia atau Prancis, untuk bekerja dalam psikologi dan menciptakan dinamika kelompok yang baik? 

Ini bisa menjadi keunggulan kompetitif. Ada banyak hal yang memengaruhi pertandingan dan jika kita bisa melakukan banyak dari mereka sebaik mungkin, itu memperkuat peluang kita. Itu termasuk kerja sama tim yang baik, persatuan dan komunikasi. Saya selalu mengatakan bahwa jika Anda membawa semua ahli bedah individu terbaik untuk melakukan operasi bersama, tidak dapat dipastikan mereka akan dapat bekerja sama dengan baik dan operasi akan berhasil. Jadi jika kita mencakup elemen-elemen lain ini dengan baik, itu memungkinkan kita dapat mengalahkan tim yang di atas kertas memiliki individu yang lebih baik.

harry kane

Janne Andersson, Andreas Granqvist, dan beberapa orang lain telah menyoroti pekerjaan Anda sebagai komponen kunci dalam keberhasilan tim. Bagaimana perasaan Anda? 

Saya tahu betul bahwa kami melakukan ini bersama-sama, bekerja bersama di staf pelatih, para pemain. Tetapi tentu saja itu membuat saya senang jika mereka pikir saya adalah bagian kecil dari teka-teki.

Sudah ada beberapa adu penalti di babak sistem gugur. Bagaimana Anda mempersiapkan para pemain untuk skenario itu? 

Ini tentang memastikan bahwa para pemain merasa ada rencana yang jelas, sehingga tidak ada yang terjadi pada saat ini. Kemudian sebagai pemain itu tentang menjalani rutinitas yang sama seperti yang selalu mereka lakukan, bahkan jika situasinya istimewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *